COTTON CAKE TEPUNG BERAS COKLAT



Resep ini sebenarnya merupakan hasil dari utak atik resep Brownies kukus dan Cotton Cake. Karena anak saya yang sulung badannya sedang kurang sehat dan ga mau makan, anak saya minta dibikinin kue, ya sudah saya putuskan membuat cake dari tepung beras saja. Agar cakenya nanti tidak terlalu berat dan kasar teksturnya saya menambahkan sedikit tepung terigu dan tepung maizena.


Karena saya memang menginginkan cakenya itu lembut tapi padat, saya menggunakan lebih banyak tepung berasnya, tetapi jika pembaca menginginkan cakenya lembut dan tidak padat tepung berasnya bisa anda kurangi.

Ini saya sisipi resepnya sesuai dengan ukuran/takaran yang saya buat


COTTON CAKE (KUKUS)TEPUNG BERAS COKLAT
Modificated resep by Risna


BAHAN A :
- 6 Butir Putih Telur
- 200 gram gulapasir
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanilli bubuk/pasta vanilli

BAHAN B :
- 6 Butir kuning telur, kocok lepas
- 75 ml susu cair

BAHAN C :
- 100 gram tepung beras (saya pake yang Rose Brand)
- 20 gram tepung terigu
- 5 gram tepung maizena
- 100 gram mentega ( saya pake blueband yang khusus untuk cake dan cookies)
- 75 gram butter ( saya pake orchid butter )

* Meises untuk isian ( ukuran sesuai selera)


CARA MEMBUAT :

1. Panaskan Kukusan
2. Bahan B: Panaskan susu, masukan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
3. Bahan C: Lelehkan mentega,butter. Masukan bahan tepung (yang sudah dicampur dan
diayak sebelumnya). Aduk rata hingga kalis.
4. Satukan adonan B dan C. Aduk rata, jaga suhu agar tetap hangat.
5. Kocok putih telur bersama gula pasir hingga mengembang sampai menghasilkan adonan
yang soft peak.
6. Campur adonan putih telur dengan adonan kuning telur dengan cara tekhnik
pancingan. Kemudian campurkan adonan itu ke dalam adonan putih telur dengan diaduk
balik sampai tercampur rata.
7. Bagi adonan menjadi 3 bagian dengan berat yang sama. Tuang 1 bagian adonan ke
dalam loyang berukuran kotak 20x20cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi
mentega. Kukus selama 10 Menit.
8. Setelah 10 menit taburi dengan rata permukaan cake dengan meises, lalu tuang
adonan yang kedua diatasnya. Kukus kembali kurang lebih 15 menit.
9. Taburi permukaan cake dengan meises dan tuang kembali dengan adonan yang ketiga.
Kukus kembali kurang lebih 20 menit.
10.Angkat dan dinginkan. Beri taburan coklat bubuk di atasnya atau taburan toping
lainnya sesuai selera.

Selamat Mencoba......




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BROWNIES COKLAT TABUR KENARI



Brownies ini sengaja aku buat untuk cemilan di rumah, kebetulan si ade yang minta dibikinin brownies, bikinnya pas lagi hujan beserta rombongannya, angin ama petir yang "cetarrrr" itupun degan kecemasan takut pas ditengah pengocokan listrik padam heheheheheh. Alhamdulillah pembuatan Browniesnya sukses dan lancar, si adek seneng banget terutama dengan kenarinya sampai dicupilin ama dia hahahahaahahaaa.


=======================
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

COTTON CAKE PANDAN DAN COKLAT

photo diambil pas cuaca mendung jadi agak buram sedikit

Aku sengaja bikin untuk di bawa ke acara arisan keluarga di rumahnya Latifah Hanoum "ummunya Jundi" di Tangerang tgl 15 November 2012, sempet bingung mau di bawain apa buat ummu, ya udah aku bikinin cake pandan aja, cakenya aku bikin cotton cake dan untuk frostingnya aku pake olesan BC tapi tipis karena diatasnya aku mau taburin meises coklat, untuk menambah hiasannya aku pake coklat blok rasa strawberry yang di coret2di atas taburan meises dan sedikit aku pake buah cherry untuk menambah hiasannya.

malamnya ummu koment di fb bilang cakenya yummy...terikasih ummu...


di tengah pembuatan cotton cake pandan, ada telpon dari mba Indri yang pesen cake,karena putrinya mba Indri lagi ga mau makan, ga neko2 sech pesennya cuma mau cake coklat tapi lembut n ga mau tinggi cakenya, ya udah aku tawarin cotton aja lagi karena sekalian lagi bikin cake jenis cotton dan akhirnya dia setuju karena tempo hari sudah nyicipin cotton cake tape keju dari aku. pas cottonnya mau di antar eh mba Indri telpon lagi minta dihias, hiasannya sederhana aja katanya biar putri seneng. Ya udah angkut lagi ke dapur hehehehhe.


cakenya aku buat cotton lagi, tapi aku pake sedikit pasta coklat yang untuk blackforest, untuk frosting aku pake bc buatan sendiri dan pinggirannya aku pake coklat chips dan untuk permanis hiasannya aku pake buah cherry dan aku taburi coklat bubuk ciatas bcnya.


Keesokan harinya mbak Indri sms bilang cotton cakenya enak, bcnya juga lembut dan tidak eneg putri makan kuenya lahap sampai habis setengah loyang katanya. Terimakasih mba Indri orderannya........

===========================================

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BROWNIES KUKUS KETAN ITEM


Sebenernya ini orderannya Bude Santy tanggal 10 November 2012 kemarin, tapi baru sekarang aku posting. Bude telpon minta dibikinin brownies kukus ketan item 1 loyang dan manisnya sedang aja. ga lama setelah itu bude telpon lagi minta ditambah 2 brownies ketan item lagi karena anak dan cucunya yang dari jakarta datang, waduh....langsung aku lari ke warung itupun dengan harap2 cemas karena takut bahan tepung ketan itemnya habis, syukur di warung masih ada stocknya itupun pas tinggal 2 bungkus hehehhehhee....


Malamnya bude Santy sms bilang browniesnya enak dan manisnya pas di lidah bude yang ga suka terlalu manis n anak dan cucunya bude bilang browniesnya lembut dan enak ga seperti yang di Jakarta, walah....merah dech nech pipi, bakul cakenya juga jadi goyang gangnam style hehehehehe. Terimakasih bude orderan dan pujiannya, salam untuk anak dan cucu bude yang lucu2.

==================================

Masih berkisah brownies ( mudah2an yang bacanya ga bosen abis pesanannya lagi brwonies terus heheheh). Kalo yang ini brownies kukus pesanan kakak Iparku, Mba wiwien tgl 15 November 2012 untuk menjenguk temannya yang sedang sakit, mesennya via telpon dadakan jam 20.30 dan diambil keesokan paginya jam 10, waduh..mbak yu...lha kok dadakan sech? piye iki?? kebetulan di rumah stock coklat bubuk dan DCCnya hampir habis. langsung aku minta diantar suami ke minimart depan, di jalan sambil berdoa mudah2an coklat bubuknya ada, eh ternyata tuch coklat bubuknya habis, terpaksa akhirnya menyeberang ke minimart satunya lagi, Alhamdulillah ketemu juga coklat bubuknya, tapi sempet galau juga karena DCCnya kurang, akhirnya aku putuskan menggunakan topping coklat
cair botolan. Pagi2 langsung start bikin, pas sudah matang n sebelum di packing photo2 dulu, itu juga motretnya rada buru2 hehhhehehe.....


aku juga bikinin brownies cup cake buat ponakanku tersayang, Jasmine....




Thx ya mba orderannya meskipun dadakan hehhheehehehe, mudah2an temenya cepet sembuh n seneng ama browniesnya...........

======================================
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

۩۞۩ BROWNIES ۩۞۩




Ini brownies pesananannya Mba Adelia, dia pesennya brownies yang pake melted coklat n ga usah dihias karena untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga kecilnya di rumah. Sorenya mba Adelia sms bilang bahwa browniesnya enak dan meltednya mantab banget, seneng banget dengernya hehhhehehhehe. Thx yach mba Adelia jangan bosen2 pesan cake lagi di Harmud Cakes and Cookies.



Kebetulan Mba Wien kakak iparku juga mau brownies. Dia mau yang melted ama yang biasa untuk di bawa ke sekolahan SAFA MARWAH tempat dia bekerja ( sekalian promosiin katanya hehehehehhe ), mba ku bilang temen2nya bilang enak dan pada mau pesen, wualah..................senengnya nambah hehhehehe, thx yo mba...


.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ஜ COTTON CAKE TAPE ஜ




Ini aku buat waktu hari Kamis kemarin karena kebetulan sorenya aku gak berangkat dagang ujan soalnya. Harmud tuch pada seneng kalo mamanya tuch ga berangkat dagang jadi bisa minta bikinin cemilan. Ada sisa sedikit tape singkong di kulkas, tadinya pengen bikin cake tape biasa, tapi bosen ( akunya yg bosen bikinnya hehhhehe) mau ganti tampilan n rasanya aja. pilihannya jatuh ama model cotton cake. Banyak resep yang beredar di milis2 tapi cakenya dan bahannya aku modif sedikit.

Alhamdulillah kelar juga cotton cake kejunya ( eh iya seharusnya judul postingan ama di photonya ditambah tulisan kejunya yach heheheheehehehe). Dikarenakan Harmud dach ga sabaran wat nyicipin cakenya ( karena mereka bilang cakenya wangi menggoda iman hahaahahahahahhaa) jadi buru2 juga ngerapihin pinggirannya ( tuch keliatan kan kurang rapih pinggirannya hhehhehehehhe), udach gituch nunggu tukang potretnya lama datengnya, alhasilnya Harmud mondar mandir kayak setrikaan hahahahahhaha.

Pas tukang potretnya dach dateng cakenya didandanin dulu biar kece pas diphoto ( kayak yang bikinnya kalo mau di photo dandan dulu hehehehhehehehe) itu juga dengan terburu2 makanya kurang rata taburan gula halusnya. Harmud yang dach nunggu lumayan lama, selesai di photo cakenya langsung di potong dan hap..hap...hap...lahap...lahap hahahahahahaha.........

Ini resepnya aku modifikasikan

COTTON CAKE TAPE 
   Modificated by Risna

Bahan:

4 butir kuning telur
4 butir putih telur
150 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
100 cc susu cair + 20 cc whipped cream
100 gr tape singkong, haluskan
150 gr keju cheddar, parut
100 gr margarine
1 sdm tepung maizena

Cara Buat:

1. Panaskan oven hingga mencapai 150C.
2. lelehkan margarine bersama susu cair, whipped cream dan keju. Aduk rata. Masukkan tape. aduk perlahan hingga rata dan jangan sampai pecah adonannya. Angkat. Sisihkan
3. Masukkan kuning telur satu per satu ke dalam adonan margarine. Aduk rata. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang sudah di ayak sebelumnya sedikit sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur. Masukkan gula apsir. kocok hingga soft peak.
5. Campurkan adonan margarine ke dalam kocokan telur sedikit sedikit. Aduk rata
6. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 18cm yang telah diolesi margarine dan bersemir terigu. Oven dengan menggunkan tekhnik au bain marie selama kurang lebih 1 jam. Panggang hingga matang, permukaan cake berwarna coklat keemasan.


                                                      Selamat Mencoba yach..........^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

☆:*´¨`* BLACK FOREST *´¨`*:.☆




Ini merupakan orderan temen SMA ku, Risma via facebook. Dia pesen Blackforest ukuran 20 cm, kotak n minta sekalian dibawain ke acara reuni kecil di GUBUG UDANG BUPERTA CIBUBUR, Berhubung dah 18 tahun ga ketemu ( hihihihihi.. lama yach) aku bikinin dia aja yang ukuran 22 cm dan terdiri dari 3 susun cakes
Ini

Alhamdulillah sang  ordernya seneng banget dan temen2 ku juga pada bilang enak, terutama jeung Lina yang minta tambahan potongan blackforestnya hehhheheheheheeh




Happy Birthday 4 My Sweet Friend
WISH YOU ALL THE BEST.....

======================================

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS