BOLU KUKUS MEREKAH


Beberapa hari yang lalu iseng-iseng bikin cemilan bolu kukus, penasaran juga sih sebenarnya karena setiap bikin yang namanya bolkus itu selalu gagal alias ga mau mekar, ga tahu kenapa mungkin masih terkena kutukan bolkus hehhhee.

Untuk kali ini saya coba bikin bolkus resep dari Lisa Basuki yang di sebarluaskan oleh salah satu member bkr yaitu Mba Sugi Bae. Sebelumnya sih sempat H2C (harap-harap cemas ) karena takut gagal lagi. Pas saya buka tutup kukusan, ternyata oh ternyata...jreng..jreng...mekar semua, alangkah senangnya waktu itu sambil sedikit loncat-loncat ( gaya berhasil..berhasilnya si Dora hehehe).

Kemarin itu sengaja saya meletakkan hanya 3 adonan bolkus ke dalam kukusan karena takut gagal, percobaan pertama berhasil dan selanjutnya saya melakukan hal yang sama seperti proses pengukusan yang pertama. Alhamdulillah mekar semua.

Tapi sayang yang berhasil di foto cuma satu karena yang lainnya sudah di lahap sama anak-anak karena mereka kaget juga akhirnya mamanya bisa membuat bolkus hehhehe


BOLU KUKUS PECAH MEREKAH
By Lisa Basuki 
Posted by Sugi Bae

Bahan:
2 butir telur 
250 gram gula kastor ( atau gula biasa yang di blender terlebih dahulu)
1 sdt emulsifier
250 gram tepung terigu protein rendah
50 gram tepung maizena
200 cc air biasa ( saya pakai susu UHT )
1 sdt essence Vanilli
2 sdm pasta coklat


Cara Membuat:
1. Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup
2. Panaskan kukusan
3. Kocok telur, gula dan emulsifer hinggan mengental. Jika di rasa adonan terasa berat masukan air/susu sedikit demi sedikit.
4. Masukan tepung terigu , maizena dan sisa air/susu berselang seling, kocok terus hingga rata.
5. Ambil 1/3 adonan dan beri coklat pasta, aduk rata. Sisihkan
6. Beri essence vanila pada adonan putih.
7. Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya. Penuhi sisa nya berselang seling dengan adonan coklat dan putih dengan menggunakan piping bag.
8. Kukus adonan dengan panas tinggi selama 15 menit jika menggunakan cetakan yang kecil. Jika membuatnya dengan cetakan besar kukus selama 20 -25 menit.

Selamat Mencoba   ^_^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar