DONAT KENTANG



Kemarin siang menjelang sore mendadak ada latbar yang diadakan ibu-ibu perumahan tempat saya tinggal, ga banyak sih cuma ada beberapa orang saja. Nah..saya di minta bantuannya untuk mengajari para ibu-ibu yang rempong (hihihi memang pada rempong kalau ada acara Latbar bikin kue). Yang bikin seru buat donatnya di Pos Ronda (hihihiihi kebayangkan serunya, belum lagi anak-anaknya yang pada ngumpul kayak peyek di tambah kedatangan beberapa ibu-ibu dari RT sebelah karena mereka mendengar suara tertawa rempong dari ibu-ibu yang ikut latbar, akhirnya mereka ikut nimbrung dan pada ikut patungan beli bahan hihihihi)

Awalnya mau bikin donat ala J.co, tapi karena ini dadakan bikinnya dan kebanyakan para ibu-ibu ga mau yang ribet bikinnya jadi saya pilih dari resep donat kentang empuknya Mba Nina Naura Cakes yang cukup mudah saya rasa untuk membuatnya. Dan rasanya pun enak serta lembut. 

Dikarenakan bahu saya belum cukup kuat (efek dari cedera engsel bahu yang sempat saya alami) untuk menguleni adonan donat dan menghindari agar adonan tidak bantat, jadi saya minta salah satu dari ibu-ibu untuk membantu saya menguleni adonan donatnya, tentunya atas instruksi dari saya dan sesuai dengan cara membuatnya.

Nah..setelah jadi untuk bagian toping donat, ibu-ibu pada menyerahkan ke saya karena sebelumnya toping yang mereka bikin pada kacau alias ga rapih hihihhi. Sewaktu saya praktekan bagaimana membuat topingnya dengan serentak mereka menjawab dengan kata "Oooooo.." yang panjang hehhehehe. Yang paling tidak sabar untuk melahap si donat ini adalah para anak-anak, setelah donat di bagi rata mereka langsung melahapnya hehehhehe.....Wah serunya acara latbar dadakan kemarin.



DONAT KENTANG EMPUK
by Nina Naura Cakes

Bahan A:
500 gram tepung terigu protein tinggi ( saya pakai tepung cakra kembar)
75 gram gula halus
250 gram kentang kukus, haluskan

Bahan B:
11 gram ragi instant
150 ml air hangat (suam-suam kuku)
1 sdt gula pasir
* Masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat, aduk sampai larut dan diamkan hingga mengembang dan berbuih selama kurang lebih 5-10 menit


Bahan C:
2 kuning telur
75 gram margarine
garam secukupnya (saya pakai 1 ujung sendok teh )

Toping:
Gula Halus
Coklat Cair
Meises
Keju
atau selera selera



Cara Membuat:
1. Bahan A: Campur semua bahan jadi satu dalam wadah mangkuk besar, aduk rata. sisihkan.
2. Masukkan Bahan B, uleni sebentar hingga tercampur rata
3. Masukkan Bahan C, uleni hingga lembut dan kalis (adonan tidak lengket di tangan)
4. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
5. Kempiskan adonan, buat bentuk bulat dan timbang adonan sesuai selera, istirahat kembali hingga mengembang (saya kemarin di istirahatkan selama kurang lebih 10 menit)
6. Lubangi dan bentuk adonan sesuai selera
7. Goreng donat dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan
8. Beri toping sesuai dengan selera.


*Tips:
- Goreng donat dalam minyak yang banyak sambil di putar-putar bagian lubangnya dan balik hanya sekali saja.
- Agar donat tidak banyak menyerap minyak beri 1 sendok makan mentega putih ke dalam minyak, lebih baik lagi jika di goreng dengan menggunakan minyak padat.


Selamat Mencoba.....









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar