CAKE COKLAT BISKUIT


Cake ini sengaja saya buat kemarin karena masih ada bingkisan lebaran dari kantor suami saya berupa biskuit beraroma kelapa kalengan yang masih berdiam diri dalam kemasannya. Kedua anak saya memang tidak suka dengan biskuit yang beraroma kelapa, karena sayang daripada tidak termakan akhirnya saya buatkan cemilan ini saja, karena jika sudah disulap menjadi kudapan pasti di makan oleh mereka hehehe.

Resep ini sebenarnya adaptasi dari sajian sedap (resep aslinya bisa dilihat di sini http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/6888/cake-biskuit-cokelat) tapi saya sedikit memodifikasikannya sesuai selera saya dan anak-anak saya.

Di dalam resep aslinya sebagai toping menggunakan kombinasi selai kacang krimi dengan buttercream coklat. Berhubung di kulkas saya adanya coklat ganache yang sisa kemarin sewaktu saya buat brownies kukus ketan hitam, jadi saya pakai coklat ganache saja untuk topingnya,  untuk resep coklat ganache bisa di lihat di sini http://trisnacakes.blogspot.com/2013/09/brownies-kukus-ketan-hitam_24.html

Kedua anak saya langsung melahapnya ketika pulang sekolah, Alhamdulillah mereka bilang enak Karena perpaduan biskuit dan coklat. Tekstur cake ini nantinya menyerupai brownies panggang.
Ini saya tuliskan resepnya yang sudah saya modifikasikan sendiri ala saya hehehehe




CAKE COKLAT BISKUIT
By Trisna



Bahan A:
100 gram biskuit kelapa, haluskan lalu di ayak
200 gram margarine
100 gram gula pasir halus ( kemarin gula pasirnya saya blender dulu)
4 kuning telur
1 sdt baking powder
150 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
25 gram coklat bubuk
50 gram dark cooking chocolate, lelehkan
50 ml susu coklat cair hangat 

Bahan B:
4 putih telur
60 gram gula pasir

Bahan Toping (coklat ganache):
250 gram whip cream dairy cair/fresh cream
250 gram dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil

Cara Membuat Cake Biskuit:
1. Campur tepung terigu dan maizena, ayak. sisihkan.
2. Larutkan coklat bubuk dengan susu cair hangat, lalu tuang ke dalam dark cooking chocolate. Aduk rata dan sisihkan.
3. Bahan A: Kocok margarine dan gula pasir halus hingga lembut. Tambahkan kuning telur satu persatu bergantian dengan sebagian campuran tepung tepung terigu dan maizena sambil terus di kocok hingga rata.
4. Masukkan sisa campuran tepung dan maizena dan baking powder dan dikocok rata bergantian dengan larutan coklat bubuk. Tambahkan biskuit. kocok hingga rata. sisihkan.
5. Bahan B: Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Masukkan  gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok sampai mengembang. Tuang adonan putih telur sedikit sedikit ke dalam adonan bahan A sambil di aduk perlahan hingga tercampur rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang 26x26x3 cm yang sudah di oles margarine dan dialasi dengan kertas roti.
7. Panggang  selama 30 menit dengan suu 180 derajat celcius sampai matang.
8. Potong cake dengan ring diameter 4 cm. Hias dengan toping.

Cara Membuat Toping:
1.Panaskan dengan api kecil whipy cream dairy cair/fres cream. sampai bagian pinggirannya mulai bergelembung kecil. Matikan api.
2. Masukkan dark cooking chocolate cincang, diamkan selama 5 menit sampai coklat meleleh dengan sendirinya. Aduk dengan menggunakan hand whisk sampai rata dan licin. Masukan ke dalam kulkas hingga mengental seperti selai dan bisa untuk di oles

Selamat Mencoba....^_^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar