SQUARE BEEF PIZZA


Dah lama banget banget deh pengen bikin pizza, tapi baru terlaksana kemarin hehehehhe. Karena si kakak badannya lagi ga enak dan makan agak kurang nafsu (tumben..biasanya walaupun sakit nafsu makannya tetep ga ilang hihihhi)

Seperti biasa resep dari Teh Ricke Indriyani, karena di rumah cuma tersedia daging sapi cincang dan minus basil kering, ya udah pake yang ada aja.



Ini di fotonya pas abis keluar dari oven, panas-panas, masih fresh dan aromanya menggoda. Saya buat di loyang 24x24x3 cm.


Potongan pertama buat kakak, pas masih hangat-hangatnya dan habis 2 potong ternyata saudara-saudara hhihhiihi. Tekstur dari pizza ini lembut dan enak, seharusnya 1 resep ini menggunakan loyang berukuran large, yaiutu 30x30x3cm, tapi karena saya kepengen buat roti pizzanya agak tebal jadi saya buat di loyang berkuran 24x24x3 cm, saus pizzanya sangat pas di lidah saya dan anak-anak.
Terimakasih ya teh Ricke atas share resepnya.


PIZZA SQUARE
By Ricke Indriani

Bahan Pizza:
250 gr terigu cakra
100 gr terigu protein sedang
   = = => ayak dan campur jadi satu.

1 sdt gula pasir
200 ml air hangat
7 gr ragi instant ( kurleb 2 sdt)
  = = = => Larutkan bersama dan biarkan 10 menit sampai berbusa.

2 sdm minyak zaitun/vegetable oil
1/4 sdt garam.

Cara Buat :
1. Campur terigu dalam wadah, buat lubang di tengahnya lalu tuang larutan ragi di tengahnya sambil di aduk rata dengan tangan, tambahkan minyak, Uleni hingga 1/2 kalis.

2. Masukan garam. Uleni kembali hingga adonan kalis dan licin. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah yang di olesi minyak tipis. Tutup dengan plastik wrap selama 1 jam hingga mengembang 2x lipat.

Topping:
Daging sapi cincang, bawang bombay (iris bulat tipis), paprika merah dan hijau, keju mozarella atau keju melted parut.


Bahan Saus:
4 buah tomat segar ( pilih yang sudah matang dan berwarna merah), parut atau blender
5 sdm pasta tomat/saus tomat
2 siung bawang putih (saya pakai bawang putih kating, Biar wangi), cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt basil kering
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat saus:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan tomat, masak sampai mendidih.
2. Masukkan saus tomat, masak sampai kental dan meletup letup, tambahkan garam dan merica halus, aduk rata dan dinginkan.

Penyelesaian:
  = = = > Oleskan loyang dengan minyak tipis, taruh adonan pizza dalam loyang, letakan pada bagian tengah, ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang, beri parutan mozarella, oleskan bahan saus, ratakan. Tata toping sesuka hati, beri parutan keju mozarella di atasnya. Panggang dalam oven bersuhu 200'C selama 15-20 menit sampai keju meleleh.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar