DONAT KENTANG

Sudah lama janji bikinin donat kentang yang empuk sama kakak ipar saya, semenjak dia hamil sampai melahirkan, baru sekarang bisa di bikinin donatnya (maafkan aku ya, Sis..hehhehhe). Biasanya bikin donat kentang ala Mba Nina, tapi kali ini saya coba bikin donant kentangnya dengan metode tangzhoung, sebenarnya ini tantangan dari Mba Kiki Khintia, teman Facebook sesama bakulan, dia memberikan tantangan ke saya untuk membuat donat dengan metode tersebut dan menggunakan mixer spiral (karena selama ini saya menguleninya dengan tangan). Akhirnya saya terimalah tantangang dari Mba Kiki, sekalian belajar dan mencoba resep ini. Mba Kiki menyarankan di tambah kentang kukus sebanyak 250 gram pada adonannya dan hasilnya benar-benar empuk dan Mba Kiki juga bilang donatnya bisa empuk sampai keesokan harinya. Untuk menghemat waktu saya bikin dengan bentuk bulat-bulat dulu. Dan setelah matang dan di hias, kali ini untuk toppingnya saya pakai biskuit oreo, dcc, crunchy milk dan saya antar ke rumah Kakak Ipar dan tanggapannya donatnya enak empuk sampai 2 hari juga masih empuk hehehheehe. Terimakasih Mba Kiki atas sarannya dan tantangannya hehhehehe




DONAT KENTANG 
(Metode Tangzhoung)
Resep pemberian dari Mba Kiki Khintia


Bahan Tanzhoung:
25 gram tepung terigu
150 ml air
======> keduanya dimasak di atas api kecil dan di aduk-aduk sampai menjadi bubur cair putih dan                            berjejak tetapi jangan sampai menjadi kental. Angkat. Sisihkan.

Bahan Donat :
500 gram Tepung Protein Tinggi
11 gram ragi instant
250cc air matang
75 gram gula pasir 
65 gram susu bubuk full cream
2 butir kuning telur
65 gram mentega putih lelehkan (beri sedikit garam sesuai selera supaya donatnya terasa gurih
250 gram kentang kukus, haluskan

Topping:
Coklat meises, Keju, Gula tabur dll (sesuai selera)

Cara Membuat:
1. Campur Terigu, Ragi, gula pasir, susu bubuk, telur dan adonan tanzhoung.
2. Masukkan kentang. (saya mixer dengan speed 3 ).
3. Tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis. Jika Sudah terasa kalis hentikan pemberian air.
4. Masukkan mentega leleh, lalu uleni atau mixer kembali sampai benar-benar kalis dan adonan terlihat mulus.Sisihkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit atau terlihat adonan sudah mengembang 2x lipat.
5.  Kempiskan adonan dan bentuk bulat atau sesuai selera, lau diamkan kembali kurang lebih 20 menit.
6.  Goreng Donat hingga matang dan beri topping sesuai selera.









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar