MACARONI SCHOTEL



      Macaroni Schotel ini dibuat waktu hari minggu kemarin, sengaja bikin menu beginian untuk di bawa bekal berenang ke Water Kingdom Mekarsari, saya bikinnya jam 4 pagi hehhehe biar lebih fresh. Awalnya saya mau bikin di loyang besar, tapi karena alumunium foilnya ga ada dan saya malas nanti kalau di sana harus dipotong-potong lagi ya sudah saya bikin dalam cup saja, kebetulan masih ada sisa cup alumunium bekas orderan klapetart bulan lalu (tapi klapetartnya ga sempat di foto karena keburu diambil ama yang punyanya)

        Dari satu resep saya hanya mengambil 1/2 resepnya saja, karena ya itu tadi keterbatasan jumlah cupnya. Topingnya saya sengaja bikin banyak karena biar enak. Resep aslinya dari Mba Ine Elkaje tapi sumbernya saya peroleh dari blognya sesama member Ncc, Mba Shirley di Dapur Solia, yang menurut saya resepnya ini cocok dengan selera saya, lembut dan bahannya mudah didapat juga. Berikut saya tuliskan kembali resepnya


MACARONI SCHOTEL
By Ine Elkaje, Sumber: Dapur Solia

Bahan:

160 gram daging giling special (sedikit lemak atau pakai kornet sapi juga bisa)
80 gram bawang bombay (saya pakai 1 butir bawang bombay), dirajang keci;-kecil
2 sendok makan margarine
200 gram macaroni ==> rebus selama kurleb 7 menit, beri sedkit minyak zaitun agar tidak lengket
160 gram keju, potong dadu 
72 gram sosis (saya kemarin pake smoked beef)
4 butir telur utuh
320 ml susu cair
1 1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk

Toping (Saus Putih) :

12 gram Margarine
24 gram tepung terigu
200 ml susu cair
garam dan merica bubuk sesuai selera
160 gram keju cheddar parut memanjang

Cara Membuat :

1 Panaskan margerine, tumis bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan pala bubuk dan daging giling, masak hingga daging matang.
2.Masukkan macaroni, keju, sosis dan telur, bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk, aduk rata. Tuangi susu cair. Aduk rata, Masak hingga matang. Angkat dan diamkan sebentar agar susu terserap dengan macaroni.
3. Tuang ke dalam cup aluminium, Kukus selama 30 menit. Sisihkan
4. Toping : Panaskan margarine, tuang terigu, aduk-aduk hingga rata, tunagkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat supaya tidak membutir, masukkan garam dan merica. aduk rata.
5. Tuang toping putih ke atas adonan macaroni, ratakan. taburi dengan keju parut.
6. Panggang atau oven selama 10-15 menit dengan api atas hingga keju menguning
7. sajikan macaroni schotel dengan saus sambal botolan.


Selamat Mencoba............










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar