SUP SUMSUM TULANG SAPI


Menu masakan yang saya buat 3 minggu yang lalu ( luama sekali ya...maklum penulisnya pelupa hehhehhe). Sup Sumsum Tulang Sapi ini adalah menu masakan favorite suami saya, kalau sudah makan sup ini kelihatan asyik sendiri dengan dunianya hehehhee.

Sumsum tulang sapi sendiri memiliki beberapa manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh manusia, terlebih bagi anak-anak pada usia pertumbuhan dan susah makan memberikan mereka sumsum tulang sapi akan meningkatkan fungsi otak sehingga mereka menajdi lebih pintar dan aktif. Sumsum Sapi juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak yang susah makan dan dapat memelihara tulang dan gigi serta dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh, sehingga kita tidak mudah sakit. 

Bagi anda yang sedang cedera tulang mengkonsumsi sumsum sapi ini sangat baik untuk mempercepat penyembuhan cedera tulang anda karena sumsum sapi ini memiliki kandungan gizi zat besi yang tidak sedikit, yaitu sebesar 450mg zat besi, Kalsium sebanyak 8 mg, Protein 4,7 mg dan fosfor 3,1 mg. Dengan kandungan gizi tersebut , banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi sumsum tulang sapi termasuk menguatkan tulang bagi yang ingin mencegah maupun mengalami Osteoporosis. Waaahh..banyak manfaatnya ya...dan rasanya enak pula.

Mau mencoba memasak Sup Sumsum Tulang Sapi ini untuk keluarga tercinta di rumah??? berikut saya tuliskan resepnya yang saya dapat dari Tabloid Nova Tahun 2012...( hehehehe lama juga ya ), namun saya menambahkan sedikit cengkeh pada bumbunya, dan bumbu halus saya tumis dengan sedikit minyak goreng.




SUP SUMSUM TULANG SAPI
Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
2 buah kaki sapi, potong menjadi 2 bagian
2 liter air
250 daging Lamusir
2 buah Tomat, Potong Panjang
2 buah kentang, potong panjang
100 gran wortel
100 gram kacang merah

Bumbu Halus: 
1/4 sdt Lada butiran
4 siung bawang putih
2 cm jahe
1 buah pala
3 buah cengkeh/cengkih
2 cm kayu manis
garam secukupnya

Pelengkap:
Emping Goreng
Sambal Cabai Rawit
Jeruk nipis
Daun Bawang, iris halus

Cara Membuat:
1. Rebus kaki sapi, air dan daging Lamusir hingga empuk
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum lalu masukkan ke dalam rebusan kaki sapi.
3. Masukkan Wortel, kentang dan kacang merah, masak hingga empuk dan matang. Terakhir masukkan tomat,masak sebentar dan angkat.
4. Sajikan selagi hangat dengan bahan pelengkap.

Note:
* Daging lamusir adalah daging yang terdapat pada bagian punggung sapi 


Selamat Mencoba .......



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar